Kamis, 25 Juli 2013

TRIP TO SURIAN

Surian, kecamatan yang cukup jauh..., berbatasan langsung dengan kabupaten Subang dan Indramayu. kurang lebih 35km atau 1 1/2 jam perjalanan menggunakan sepeda motor dari pusat kabupaten Sumedang.

Surian mempunyai Alam yang sangat asri serta masyarakatnya yang ramah menjadikan kita merasa segar dan betah apabila berkunjung ke sana.

Ada 9 desa di kecamatan ini, akan tetapi hanya ada 6 desa yang mendapat program dari PNPM Mandiri, serta ada 7 kegiatan didalamnya. dengan di guide oleh mang Farli yang bertugas sebagai fasilitator teknik di sana kami melakukan perjalanan yang asyik sambil ngabuburit menunggu buka puasa.

Jalan menuju surian ini mirip alur kehidupan kita (kadang mulus kadang rinjul) hehehehe, lewat jembatan dengan alas kayu, gerombolan sapi yang lagi menuju tempat merumput, serta segerombolan manusia yang sedang mengaspal jalan....... (hehehe punten nyak mang, ngiring ngalangkung!!!).
Perhentian kami yang pertama adalah di desa surian, kami disuguhi pemandangan yang sangat indah yang konon menurut mang farli bukit yg diseberang itu adalah indramayu (wadooo....,pantesan asa jauh mang), di sana kami melihat pula pohon2x jati yang masih kecil, menurut mang farli di surian ini terkenal juga dengan kayu jatinya. ketika sdng asyik menikmati pemandangan muncul bapak PJOK hendak menuju kantor kecamatan, akhirnya setelah di sepakati perberhentian kedua adalah kantor kecamatan.

Selesai di kecamatan kami menuju kantor UPK Surian, kantornya bersih rapih cuma teu di suguhan da bulan puasa hahahaha........
di UPK mang farli bercerita bahwa di desa Ranggasari baru selesai pembangunan jalan rabat beton dari anggaran tahun 2013, wuueeyyyy...., rapi kerjaanna bray, teu percaya ? tah tingali we photona
hade mang......... celius.....
ada rasa bangga jadi bagian dari PNPM Mandiri kalo ngeliat ini, bangga dengan di fasilitatori oleh punggawa PNPM, jalan rapi tersebut bisa dinikmati oleh warga desa ranggasari.
jangan salah loh masih ada program2x lain yang di motori oleh PNPM Mandiri Perdesaan di kecamatan surian ini, tapi karena keterbatasan waktu, ntar deh di sambung lagi karena saat ini rencananya kami akan menuju desa suriamukti yang katanya sedang di aspal ???? (naha di aspal nyak????). tunggu aja ceritanya....


1 komentar:

  1. Komo eta jln c Sumur pamekarsari..beleke walungan saat..carita na jln kabupaten. Lbih parah ti jln gang.!

    BalasHapus