Selasa, 03 September 2013

TRIP TO CIBUGEL



Cibugel 29 agustus 2013


Cibugel adalah kecamatan di kab sumedang yang berbatasan dengan kabupaten selaawi-garut, tepatnya  +50 KM arah selatan ibu kota kabupaten sumedang. Luas wilayahya sendiri tercatat sekitar 4886 Hektar, keadaan geografis nya tanah berbukit-bukit.
salah satu jalan menuju kecamatan cibugel
Secara administratif kecamatan Cibugel meliputi 7 desa 25 dusun 144 RT, dan 30 RW. Jumlah penduduk di kecamatan Cibugel sampai April 2013 tercatat sebanyak 22057 jiwa, dengan mayoritas penduduk bermata pencaharian petani dan buruh tani.
pemandangan alam pegunungan nan asri
Itu gambaran kecamatan cibugel dan masyarakatnya, ada 2 akses untuk sampai ke Cibugel dari ibu kota kabupaten sumedang. Pertama belok dari darmaraja trus naek atau dari cisurat teruussss…, naek juga hehehe…...
AssMIS nampang bareng FK cibugel dan FASKEU

Sebelum sampai ke kec. cibugel kami mampir di desa cipasang untuk melihat beberapa kegiatan PNPM MPd di desa tersebut. Kang Ginan dengan topi laken nya menunjukan beberapa program yang telah di laksanakan 

teh Nining, Bu Yuti dan Mang Ginan


di antaranya pembuatan gedung taman kanak-kanak/Paud. Menurut kang Ginan alokasi dana BLM untuk kegiatan ini adalah sebesar Rp. 77.314.500 dengan anggaran fisik sebesar Rp. 73.448.900. selain dana BLM ada juga dana swadaya yang diserap yaitu sebesar Rp. 3.070.000.


gedung PAUD di desa Cipasang

tampak memamsuki tahap finishing

Seperti kita ketahui bersama, tujuan dari paud (pendidikan anak usia dini) ini adalah suatu  upaya  pembinaan  yang  ditujukan  kepada anak  sejak  lahir  sampai  dengan  usia  6  (enam)  tahun  yang  dilakukan  melalui pemberian  rangsangan  pendidikan  untuk  membantu  pertumbuhan  dan perkembangan  jasmani  dan  rohani  agar  anak memiliki  kesiapan  dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, dengan kata lain anak anak tersebut diharapkan akan mendapatkan pendidikan sosialisasi yang nantinya sangat berguna dalam lingkungan pendidikan formal.


Selain FK di kecamatan Cibugel ini ada juga FT yang seperti biasa di PNPM Mandiri Perdesaan berperan sebagai faslitator yang berperan aktif dalam urusan pembangunan fisik.

teh enur FT Cibugel
 


ini adalah teh Nuryani yang memberikan informasi bahwa di Kecamatan Cibugel ini ada juga kegiatan pembangunan irigasi yang progresnya baru sampai pada pengadaan material.





 


Dari desa cipasang, penulis melanjutkan perjalanan ke kantor UPK Cibugel yang letaknya lumayan cukup jauh dari desa cipasang, 

Kantor UPK Cibugel



Kantor yang berada di ketinggian + 1200 m di bawah permukaan laut ini terasa adem dan sumpah bikin ngantuk hehehehehe…. 


Alokasi dana BLM di Kec. Cibugel untuk kegiatan program mandiri perdesaan TA 2013 adalah sebesar Rp. 700.000.000 dengan sumber dana dari APBN sebesar Rp.655.000.000 dan dari APBD sebesar Rp. 35.000.000 , dana tersebut di alokasikan untuk kegiatan fisik sebesar + 76% dan kegiatan ekonomi sebesar + 24% . menurut teh nining sebagai ketua UPK dana kegiatan ekonomi di kec. Cibugel ini di salurkan untuk 2 desa dengan jumlah kelompok 3 kelompok.

papan informasi UPK Cibugel


Permasalahan yang di temui dalam kegiatan PNPM di kec. Cibugel ini masih dalam rambu rambu batas yang ada dalam aturan PNPM. Salah satunya adalah masih kurang fahamnya pelaku-pelaku dan pemanfaat di tingkat desa tentang tupoksi dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri. Permasalahan tersebut di tindak lanjuti oleh Fasilitator (FK,FT) dan Pendambing Lokal (PL) serta berkoordinasi dengan PJOK dengan memberikan pengarahan kepada Kepala Desa tentang TUPOKSI.


Nah itu tadi sedikit cerita dari kecamatan Cibugel, ntar deh kita lihat progres kegiatan yang sedang berjalan pada kunjungan selanjutnya.



MAJU TERUS FASILITATOR

4 komentar:

  1. wah keran sekali pemandangan cibugel.para pelaku di kecamantan cibegel semuanya kondusif, hampir tidam ada permasalahan yang berarti dalam setiap kegiatanya.
    "selalau ada cerita di setiap tetesan keringat"

    BalasHapus