Kamis, 10 Oktober 2013

Risalah Rakor Fasilitator Kab. Sumedang

Rakor kali ini di adakan di kecamatan Sumedang Utara tepatnya di kelurahan Rancamulya pada tgl 7 –  9 Oktober 2013. Seperti Rakor sebelumnya, acara di mulai dengan pembukaan yaitu pembacaan Agenda rapat koordinasi oleh moderator (teh Ilma). Adapun agenda yang akan diulas dalam rakor kali ini adalah :
  • Pembukaan
  • Info Management
  • Materi ke UPK an
  • Materi keteknikan
  • MD Sosialisasi PNPM 2014
  • PKD
  • Review RPJMDes & RKPDes
  • Pelatihan KPMD
  • Laporan Akhir 
  Info management yang di bawakan oleh Ibu Nunung Nurhasanah kali ini menyampaikan ,
  • Nodin 156 tentang teguran utuk fasilitator yang tidak mempunyai asuransi
  • Nodin 157 Usulan relokasi & grade honorarium fasilitator (assmis gimana yah? Hehehe)
  • Evaluasi capaian KIE (komunikasi Informasi Education)
  • Lowongan FT Jabar
Menindaklanjuti target KPI PNPM TA.2013 untuk bidang KIE
  • 90% papan informasi desa selalu di update
  • 40% menampilkan berita dan perkembangan pelaksanaan PNPM MPd
      Berdasarkan :
 

Untuk progress kegiatan 2013, 
BLM :
  • Rancakalong, cisitu, conggeang : DDUB terlambat karena ada masalah dalam administrasi
  • Untuk Tahap III yaitu : cibugel, cisitu, paseh, rancakalong, situraja, sumut, surian, tomo dan wado 
  • Pencairan DOK tahap II : cibugel, cisitu, ganeas, pamulihan, paseh, rancakalong, situraja, sukasari, sumut, surian, tanjungkerta, tomo dan wado
  • Untuk DOK Integrasi sudah semuanya
  • Untuk penggunaan DOK Integrasi baru ganeas dan surian 
  •  Pencairan DOK PL-UPK totalnya mencapai Rp 72.000.000
  • Penyaluran BLM sudah 78,42% atau Rp. 15.923.651.250 
  •  Data penyaluran sudah sinkron dengan Protak, Form 79 dan Protan
  • Penyaluran DOK PNPM MPd sudah 54,70% atau Rp 679.740.800



  


Pertanggung jawabab DDUB

Laporan pertanggungjawaban DDUB ditujukan kepada DPPKAD pada bulan Oktober 2013 dengan format sebagai berikut :


LPJ di buat 4 rangkap
  • SPC
  • Rekap Penggunaan
  • RPD
  • LPD
  • Buku Bank dan kas UPK
  • Kas umum TPK
Kegiatan  bulan Oktober :
  1. RBM : Media + Ad. Hukum
  2. Audit Internal
  3. Pencairan APBN tahap 3
  4. Penyelesaian Kegiatan ( MPd dan Integrasi )
  5. Pelatihan Masyarakat
  6. Kunjungan dari Lhoksumawe Aceh ( 8 Okt ) ke Rancakalong
Pemutahiran data Fasilitator 
  1. Data Domisili ( update tiap bulan )
  2. Premi Asuransi ( update tiap bulan )
Kelengkapan Laporan Bulanan FK
  1. Narasi  
  2. Lampiran : form 66, 67m, 69i, 70b, 72, 73, kemajuan tahapan dari Protak, 74a, 74b, 74c, laporan pelatihan, form 75 (protan), RKTL
  3. Form Laporan UPK : laporan penggunaan DOK dan realisasi DOK, realisasi penyaluran, form indetifikasi pinjaman bermasalah, form triwulan (pemetaan Pi)
Laporan Pelatihan 
  1. Data lengkap, nama kegiatan, jumlah peserta, laporan permasalahan harus detail ( no/tgl/..... derajat/ dll)
  2. Kegiatan Pelatihan Masyarakat : buat RKTL, sepakati kegiatan dan waktu yang dilaksanakan di cluster/ kabupaten di desa/ kecamatan harap segera dilaksanakan
Penilaian UKM dan CMA diperpanjang s/d 15 Oktober 2013. agar dibahas bersama UPK. (UKM yang modalnya dibawah 100jt). 
download persentasi info management

Selanjutnya agenda Rakor dilanjutkan oleh Ibu Yuti yang membawakan materi seputar materi ke  UPK. an.

Hasil Evaluasi Rakor ( 18 Sep 2013 )

  • Jabar Zona merah s/d Agustus 2013 progress pencairan <70% DDUB baru 5 kabupaten
  • penyebab keterlambatan : perubahan DDUB, sanksi lokal, pengalihan dana SPP
  • Prosedur adm termasuk SPPB
  • Kekosongan Fasilitator
  • Fasilitator tidak tinggal dilokasi
Tindak lanjut
  • Pencairan dana APBN 100% maksimal Oktober 2013
  • Pencairan DDUB Maksimal 100% September 2013
  • Pencairan Kg 100% maksimal November 2013
  • identifikasi domisili fasilitator
  • Rekruitment fasilitator terutama FT
  • penyelesaian masalah stagnan
  • identifikasi fasilitator yang masuk DCT
  • MDST desember 2013
Evaluasi Audit :
  1. Kelengkapan dan relevansi SOP (ops, perguliran, verifikasi, BP, Kel, Penanganan masalah, MPP) AD ART BKAN harus relevan dengan SOP
  2. Pencatatan manual (BKN, Buku Bank)
  3. Penyalahgunaan oleh pengurus kelompok
  4. Kelengkapan Dokumen perguliran (kartu kredit)
  5. Keputusan pendanaan (dokumen NPP, penetapan prioritas)
  6. Proposal perguliran tidak sesuai SOP 
  7. LPP dan Kolek basis kelompok
  8. Penanganan pinjaman bermasalah (parsial)
  9. pendampingan kelompok kurang masksimal
  10. adanya koordinator kelompok UPK  tidak punya akses ke kelompok
  11. pemeriksaan oleh BP UPK
  12. Pengelolaan DOK oleh TP DOK
Kelompok yang terdanai adalah kelompok berkembang dengan indikator penilaian 

selanjutnya agenda dibawakan oleh Bapak Udi (mang uday) FK Jatinunggal dengan moderator Bapa Ginan FK Cibugel, materi yang di bawakan kali ini tentang Musdes Sosialisasi PNPM 2014
Musdes Sosialisasi merupakan musyawarah masyarakat desa yang dilaksanakan segera setelah MAD Sos, Tujuannya adalah memperkenalkan PNPM MPd kepada BPD, aparat desa, ormas, dan masyarakat umum di desa.
dalam Musdes Sosialisasi dilakukan pemilihan ketua TPK , KPMD dan tim tim.
para peserta Musdes Sosialisasi antara lain
  • Kades
  • BPD
  • LPM
materi yang dibahas :
  • evaluasi tahun berjalan
  • MDSi
  • Sosialisasi dan penyebaran Informasi
  • menyepakati aturan main program
  • menyepakati beberapa agenda/ jadwal tahapan kegiatan selanutnya
  • adanya kesanggupan desa mengikuti dan mematuhi serta melaksanakan ketentuan semua aturan main program PNPM
Proses Musdes Sosialisasi
  • sambutan kades 
  • penjelasan PNPM MPd 
  • tanya jawab dan klarifikasi
  • menjelaskan kriteria KPMD dan pengurus TPK
  • memfasilitasi proses pembentukan KPMD
  • memfasilitasi proses pemilihan ketua 
  • menjelaskan dan meminta kesepakatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar