Jumat, 03 Oktober 2014

BURSA RKPDES, SEBUAH UPAYA BARGAINING PENGANGGARAN

(by : Faskab Kab Sumedang)
Pengintegrasian antara perencanaan PNPM Mandiri Perdesaan dengan perencanaan Pemerintah Daerah pada tahun 2014 memasuki babak baru, sebagai implikasi dari terbitnya Undang-undang Desa. Desa harus membangun, agar membangun secara komprenhensif maka desa harus memiliki anggaran. 
Desa harus mendapatkan dana desa dari dana Pusat dan APBD. Titik temu perencanaan pembangunan desa dengan sumber dana biasanya di Musrenbang Kecamatan dan Musrenbang Kabupaten. Hasil dari musrenbang Kabupaten untuk di Kabupaten Sumedang sudah mencantumkan penganggaran untuk Pagu Indikatif Kewilayahan (PIK) masing-masing wilayah kecamatan yang sudah lengkap dengan jenis kegiatan dan lokasi kegiatan. Selain PIK di Kabupaten Sumedang juga terdapat Pagu Indikatif Satuan Kerja.
Perangkat Desa (SKPD) yang dilaksanakan oleh SKPD sebagai pelaksana teknis. Dalam PI SKPD sudah ditentukan alokasi kegiatan tetapi lokasi kegiatan masih dilakukan verifikasi. Dalam rangka mendorong penyelarasan hasil perencanaan partisipatif dengan penganggaran di SKPD, maka di Kabupaten Sumedang atas inisiatif Pokja RBM dan BPMPD pada tanggal 29 September 2014 digelar kegiatan Bursa RKPDes. Dengan tujuan untuk memberikan motivasi kepada semua desa dalam peningkatan kualitas proses perencanaan dan pembuatan dokumen perencanaan (RPJMDes dan RKPDes); melakukan sinkronisasi hasil perencanaan partisipatif dengan perencanaan reguler yantercantum dalam RPJMD; melakukan sinkronisasi perencanaan desa dengan SKPD terkait; dan memberikan penghargaan kepada desa dalam proses dan hasil perencanaan pembangunan desa. Kegiatan ini dihadiri oleh 292 pelaku program dari desa dan kecamatan terdiri atas BKAD, Pengurus UPK, Pendamping Lokal, KPMD, Kepala Desa, Sekretaris Desa, Fasilitator Kecamatan PNPM Mandiri Perdesaan dan Generasi Sehat dan Cerdas (GSC). Dari jajaran kabupaten dihadiri oleh SKPD terkait, Asisten Daserah I, Bappeda, DPPKAD, FDM, dan Media Massa.
Puncak acara bursa RKPDes dilaksanakan di Pendopo kawasan Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang, pembukaan dilaksanakan oleh Bapak H. Agus Sukandar, S.H., selaku Asisten Daerah Bidang Pemerintahan yang mewakili Bapak Bupati Sumedang, setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan diskusi panel tentang Kebijakan Pengelolaan Dana Desa oleh Bapak Dr. Ir. Sujatmoko, M.Sc. selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum, materi Mendorong Sinergi Perencanaan Politis, Teknokrtis dan Partisipatif dalam Mendukung Sinergi Perencanaan Desa Dan Perencanaan Daerah oleh Ibu Hj Reni Fahdini, S.Pd, M.Si dari Bappeda Kabupaten Sumedang, Ibu ir. Ine inajah, MS.E. M.Sc dari Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Anggaran Daerah (DPPKAD) menyampaikan materi tentang Dana Desa, kemudian dari Kepala BPMPD Kabupaten Sumedang Bapak Drs Endi Ruslan menyampaikan materi Menyongsong Impelementasi UU Desa Nomor 6 Tahun 2014.Kegiatan Bursa RKPDes ini diawali dengan kegiatan penilaian dokumen RPJMDes dan RKPdes, dimana telah terpilih lima desa terbaik se Kabupaten Sumedang yaitu Desa Sukamukti Kecamatan Tanjungmedar, Desa Cijeungjing Kecamatan Jatigede, Desa Cimarias Kecamatan Pamulihan, Desa Sirnasari Kecamatan Jatinunggal dan Desa Kebonjati Kecamatan Sumedang Utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar