Kamis, 23 Oktober 2014

PELATIHAN PL KABUPATEN SUMEDANG

(by : Yuti Faskeu Kab Sumedang)
Dalam rangka penguatan kapasitas pendamping Lokal (PL) PNPM MPd Kabupaten Sumedang, telah dilaksanakan pelatihan PL selama 3 hari efektif yaitu tanggal 20 – 22 Oktober 2014 bertempat di Kampung Toga Sumedang. Pelatihan diikuti oleh 26 orang PL se Kabupaten Sumedang. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Satker PNPM Kabupaten Sumedang dan TP DOK mengambil thema Meningkatkan kualitas pendampingan PL dalam mensukseskan implementasi UU No 6 tahun 2014.



Sesuai dengan themanya dan dikaitkan dengan peran dan fungsi PL sebagai kader desa maka materi pelatihan dititikberatkan pada bagaimana meningkatkan peran PL dalam pendampingan perencanaan pembangunan desa. Proses pelatihan berlangsung sangat dinamis. Hal ini karena selain pembelajaran klasikal selama 2 hari, para peserta juga diajak untuk berlajar langsung dari lapangan dengan mengunjungi salah satu desa di Kabupaten Sumedang untuk belajar langsung bagaimana memfasilitasi perencanaan desa meliputi penyusunan RPJMDes, RKPdes, APBDes dan lain lain. 




Desa yang dikunjungi adalah desa Sukamukti Kecamatan Tanjungmedar. Desa ini dipilih sebagai objek studilapang PL karena Desa Sukamukti adalah desa terbaik Kabupaten dalam Bursa RKPDes tahun 2014. Berdasarkan penilaian RPJMDes dengan instrumen yang ada desa ini merupakan salah satu desa di Kabupaten Sumedang yang telah mampu melaksanakan proses perencanaan desa secara partsipatif.






Melalui pelatihan yang difasilitasi oleh Satker Kabupaten dan fasilitator baik fasilitator kabupaten dan kecamatan ini, diharapkan mampu menyiapkan PL sebagai kader menjadi pendamping yang potensial khususnya dalam mendampingi desa untuk implementasi Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar