Kamis, 23 Oktober 2014

PENYUSUNAN MODUL RBM

(by : Yuti FasKeu Kab. Sumedang)
Ruang Belajar Masyarakat (RBM) kabupaten Sumedang sampai dengan saat ini sudah melakukan berbagai kegiatan. Kegiatan RBM Kabupaten Sumedang diawali dengan Workshop sosialisasi dan Workshop perencanan RBM yang telah dilaksanakan pada bulan September 2014. Sesuai dengan thema besar yang diusung oleh RBM yaitu “RBM belajar bersama mensukseskan Implementasi UU No 6 /2014” maka berbagai kegiatan berhubungan dengan hal tersebut.

Sesuai dengan namanya yaitu Ruang Belajar masyarakat maka nafas RBM lebih kepada bagaimana memberikan kesempatan dan ruang kepada masyarakat untuk belajar bersama. Ruang yang diberikan diharapkan menjadi kultur yang membudaya, sehingga diharapkan RBM dapat turut serta menciptakan budaya untuk selalu belajar bersama secara partisipatif dan mandiri.
Kegiatan utama RBM sesuai dengan Juknisnya adalah penguatan kapasitas. Sehubungan dengan hal tersebut maka pada Bulan Nopember 2014 RBM akan melaksanakan berbagai kegiatan pelatihan penguatan kapasitas masyarakat. Untuk mendukung hal tersebut RBM telah menyiapkan modul modul pelatihan sesuai dengan kebutuhan. Pada tanggal 4 Oktober 2014 telah dilaksanakan TOT bagi TPM. Tindak lanjut dari hal tersebut pada tanggal 16 dan 23 Oktober telah dilaksanakan rapat konsolidasi penyusunan modul dan rapat persiapan pelaksanaan pelatihan penguatan kapasitas.


Pelatihan yang akan dilaksanakan meliputi Pelatihan penataan kelembagaan bagi lembaga lembaga pengelola dana bergulir tingkat kecamatan, pelatihan pengelolaan media, dan seminar pengembangan ekonomi perdesaan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar