Selasa, 13 Agustus 2013

LAPORAN SOFTCOPY YANG DI SAJIKAN OLEH PNPM MANDIRI PERDESAAN KAB. SUMEDANG


Laporan adalah salah satu hasil dari suatu kegiatan, isi laporan kalau kita perhatikan rata-rata bercerita dari awal sampai akhir suatu program atau tahapan, keberhasilan suatu program bisa di nilai dari isi laporan yang disajikan, untuk itu harus ada pedoman pedoman yang digunakan dalam pelaporannya.

Dari semua laporan PNPM Mandiri Perdesaan Kab.Sumedang ini ada beberapa laporan yang di sajikan dalam format softcopy dengan menggunakan APLIKASI MICROSOFT ACCESS, aplikasi ini konon katanya mudah dalam penggunaannya (hebaatt....lah) laporan tersebut antara lain :
  1. Protak, laporan ini berisi tentang laporan progress tahapan sesuai dengan urutan tahapan yang ditentukan dalam PTO. laporan ini dilaporkan setiap minggu oleh Fasilitator Kabupaten kepada Propinsi, isinya adalah rekapitulasi tahapan yang dilaksanakan oleh Kecamatan-Kecamatan Binaan yang di fasilitasi oleh fasilitator kecamatan. oh ya ampir lupa, di protak ini dilaporkan juga nominal pencairan dan penyaluran dana yang di anggarkan untuk tiap2x kecamatan.
  2. Protan, laporan ini berisi tentang progress kegiatan yang berlangsung, (bingung kan.?? sama..hehe). saya akan mencoba menjabarkan..., dari hasil tahapan yang dilaksanakan (pada PROTAK) maka akan muncul suatu kegiatan program misalnya pembuatan rabat beton jalan, nah... tentunya kegiatan ini harus melalui prosedur yang jelas karena sudah pasti ada penyaluran dana didalamnya, akan tetapi di laporan protan ini hanya melaporkan porsentase progress dari pembuatan rabat beton itu, dari mulai priotas usulan kegiatannya sampai pada pembuatan prasasti alias finish.
  3. DB UPK, wuueeehhh... kalo laporan yang satu ini lumayan asyik (bisa bikin kurang tidur ama lupa mandi), isinya laporan keuangan dari dana perguliran dan operasional UPK, ada SPP, ada juga UEP itu untuk laporan pergulirannya, ada juga laporan operasional, neraca, sampai jumlah kelompok yang dilayani serta yang agak bermasalah ada di DB UPK, di laporan ini ada pula laporan pencairan dana yang bermacam macam, APBN, APBD, DOK, dan SWADAYA. 
nah cukup sederhana bukan???... hehehe, sebetulnya kalau cara nginputnya sih gampang, tapi metode cara pengumpulan datanya serta validasinya yang mumet, nah buat AssMIS Kabupaten, sharing dong kalo punya metode yang jitu, karena yang saya baca di pedoman buku microsoft, orang yang rajin sharing itu matinya masuk surga hahahahaaaa.........., (meskipun foldernya penuh dengan virus gkgkgkgkgk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar